Tiga Hari Kegiatan Adat

Tanggal 26, 27 dan 28 Februari 2021 merupakan hari bahagia bagi Keluarga Manihuruk karena dalam 3 hari tersebut berturut-turut mengadakan kegiatan adat antara lain;

  1. Jumat, 26 Februari 2021 kegiatan Patua Hata Marhusip, Martumpol dan Martonggo Raja atau lazim disebut jika kegiatan 3M di Salembaran Tangerang antara Keluarga Manihuruk dengan par Boru marga Siahaan, di Aula Gereja HKBP Salembaran. Selesai patua hata Marhusip dilanjutkan Martumpol/Ikat Janji dilaksanakan di Gereja HKBP Salembaran, dimana kedua Keluarga suhut merupakan jemaat di HKBP Salembaran. Calon Pengantin : Rony Agustinus Manihuruk dengan Yanti boru Siahaan.Kegiatan M ketiga adalah Martonggora, yaitu pembagian tugas pada acara hari pemberkatan dan adat pernikahan Batak Toba, karena pihak par Anak yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan pesta. Bahasa adatnya Rumang ni Ulaon Taruhon Jual. Pemberkatan pernikahan kudus di Gereja HKBP Salembaran Kota Tangerang pada tanggal 13 Maret 2021 di rumah Keluarga par Anak marga Manihuruk.
  2. Sabtu, 27 Februari 2021; kegiatan adat yang sama seperti kegiatan pada 1 hari sebelumnya yang di Salembaran Tangerang. Bedanya jika di Salembaran Tangerang, marga Manihuruk sebagai par Anak sementara di Jakarta tepatnya di Aula Gereja HKBP Duren Sawit Jakarta Timur, marga Manihuruk sebagai pihak par Boru. Kegiatan adat Patua Hata Marhusip dimulai pada pukul 09.00 WIB lalu dilanjutkan dengan Martumpol di Gereja HKBP Duren Sawit Jakarta Timiur. Selesai Martumpol dilanjutkan dengan kegiatan M ketiga yaitu Martonggoraja Keluarga Manhuruk dan Ria Raja di Keluarga Samosir sebagai par Anak. Karena hasil kesepakatan ketika acara Marhusip bahwa Rumang ni Ulaon adalah Alap Jual. Pihak Keluarga par Anak yang mendatangi rumah Keluarga Manihuruk.Rencana pemberkatan nikah kudus dan adat pernikahan dilaksanakan di Graha Delima Kalimalang pada Kamis, 11 Maret 2021. Pada hari yang sama Keluarga Manihuruk juga mengadakan Lamaran/Patua Hata Marhusip ke Klaten Jawa Tengah karena Poda Manihuruk mendapat jodohnya dari Suku Jawa (bukan Batak). Murni Markis. Rencana pelaksanaan pemberkatan dan adat pernikahan di Lubuk Pakam Sumatera Utara.
  3. Sabtu, 28 Februari 2021; Kegiatan adat Martonggoraja saja, karena acara Patua Hata dan Marhusip telah dilaksanakan pada hari sebelumnya. Sedianya acara ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Februari 2021, namun karena waktunya dengan Keluarga lainnya, maka Keluarga Ny. Berlin Saragih Manihuruk br. Sitompul menggeser kegiatan ke tanggal 28 Februari 2021. Rencana pemberkatan dan adat pernikahan tanggal 13 Maret 2021 di Graha Delima Kalimalang Jakasampurna Kota Bekasi. Rumang ni Ulaon Taruhon Jual, pihak par anak yang menjadi bolahan Amak/Tuan Rumah.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.