SAURMATUA

Kamis, 31 Oktober 2019 di Bogor tepat di rumah duka Sinar Kasih Jalan Batu Tulis, Keluarga Manihuruk mengadakan Ulaon Adat Saurmatua : Inang Op. Michael Manihuruk boru Situmorang (Mama Heru). Acara dimulai dengan pasahat Ulos Saput, ulos parpudi, ulos parsirangan dan Ulos tutup batang dari Hulahula Situmorang. Selesai acara pasahat ulos saput dan tutup batang, langsung acara berikutnya pasahat parbue ni holong marhite ulos sian Horong ni Hulahula dohot Tulang. Prosesi ini sangat memakan waktu cukup lama, karena mulai dari Hulahula, Tulang, Bonatulang, Hulahula namarhaha maranggi dan Hulahula Anak manjae semaunya marga Situmorang, kecuali Tulang Rorobot Raja Sihaloho dan Hulahula namarhaha maranggi dan Hulahula Anak manjae Raja Rajagukguk. Tapi semuanya berjalan lancar dan membuat senang Bonahasuhuton, karena semua Kelaurga yang ditinggal mendiang Op. Michael Boru kebagian Ulos bahkan Protokol pun mendapat ulos juga dari Hulahula Raja Situmorang 2 helai.

Hulahula Raja Situmorang mangulosi Protokol dari pihak Keluarga Manihuruk. Dengan alasan bahwa jalannya acara adat saurmatua ini dapat berjalan atas kerjasama kedua belah pihak Keluarga Manihuruk dengan Hulahula dan Tulang, melalui kerjasama Protokol masing-masing keluarga terkait. Bahkan dengan tidak diduga sampai 2 kali menerima ulos dari Hulahula.

Setelah acara demi acara selesai dilaksanakan sebagai tanda ucapan terimakasih dari pihak Bonahasuhuton maka di akhir acara mereka mangampu. Kesempatan ini dimanfaatkan untuk minta dukungan dan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan moril maupun materi sehingga semua acara berjalan dengan lancar. Biasanya paidua ni Suhutlah yang menyampaikan pangampuon yg dalam hal ini disampaikan oleh Amanta P. Manihuruk/br. Sihombing (Ap. Weldo).

Dokumentasi terakhir Keluarga Besar Manihuruk Boru Bere yang hadir berfoto bersama. Sebelum acara diserahkan ke pihak Gereja Katolik. Kemuadian jenazah akan dimakamkan di Bonapasogit, Harapohan Samosir dini hari Jumat, 1 November 2019. Dokumentasi video pesta, Klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *