BERITA DUKA

Jumat, 2 Oktober 2020 telah berpulang ke rumah Bapa di Surga Amang Tambatua Sidebang – Op. Bagas Doli/Am. Marihot pukul 18.45 WIB di RS Hermina Cengkareng Jakarta Barat. Almarhum meninggalkan Isteri br. Manihuruk (Op. Bagas Boro dan 4 orang anak; 1 laki-laki dan 3 perempuan. Dari ke-4 anaknya, 2 sudah berkeluarga.

Sabtu, 3 Oktober 2020 dilaksanakan Tonggoraja pukul 18.00 WIB di RUMAH DUKA :
Jln. Kalimaya No. 25 Rt. 1 Rw. 08 Kel. Kapuk Kec. Cengkareng Jakarta Barat 11720. Yang hadir dari horong Hulahula dan Tulang yaitu : Raja Simarmata dan Hulahula Raja Simanihuruk. Hal ini bisa terjadi mengingat sikon masa pandemi yang membatasi ruang gerak orang per orang sesuai Protokol Kesehatan.

Hasil kesepakatan bersama Keluarga Sidebang Silahi Sabungan dengan Tulang dan Hulahulanta. Artinya kewajiban marga Simarmata sebagai Tulang adalah memberikan ulos parpudi, ULOS SAPUT dan Hulahula Raja Manihuruk menyampaikan ulos tujung. Hasil kesepakatan tersebut menjadi acuan untuk acara adat Sarimatua yg akan dilaksanakan besok Minggu, 4 Oktober 2020 pukul 09.00 WIB. Seyogianya jika ulaon adat Sarimatua, sebelum masa pandemi ini, ulos Holong dari Hulahula dan Tulang pada Tonggoraja, sudah ditetapkan jumlahnya, namun pada masa Adaptasi Kebiasaan Baru, harus mengikuti Tata Laksana Adat Batak Toba yang telah ditetapkan oleh LABB.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *