Adat Saurmatua OpFelix Boru

Senin, 19 Juli 2021 di Jalan Pinang Raya Nomor Pondok Labu Cilandak Jakarta Selatan rumah duka Inang Rolina S br. Manik – Op. Felix Boru, usia 76 tahun, telah dilaksanakan Adat Saurmatua dengan keterbatasan karena masa PPKM Darurat. Setelah acara Keluarga pagi hari pukul 08.00 WIB dilanjutkan dengan manjaloHulahula Raja Manik, untuk menyampaikan ulos parpudi, ULOS SAPUT dan Ulos Tutup Batang/Tarup. Dan pada kesempatan tersebut dilanjutkan dengan pasahat ulos holong dari Hulahula Raja Manik. Posisi Raja Manik ada 2; yaitu :Hulahula dan Hula Hula Anak Manjae. Begitu juga adat selanjutnya dilaksanakan sesuai urutan Jou Jou Adat dari Hulahula sampai dengan Hulahula Anak Manjae/Naposo.

Sesuai kesepakatan bersama ketika Pangarapoton tgl 18 Juli 2021 pukul 19.00 WIB di tempat yang sama bahwa Sagu-sagu ni Inang naung Saurmatua on, adalah Horbo Sigagat Duhut, sama dengan Op. Felix Doli ketika adat Saurmatuanya. Namun karena harus menyesuaikan situasi masa pandemi yang selalu berusaha mengurangi kontak sesama, maka fisik Horbo Sigagat Duhut, dimaksud dikonversi menjadi Uang Republik Indonesia, biasa disebut sikkat ni horbo, gabe dihepengkon ma.

Lalu konsekuensi adat saurmatua (baca: sukses dan berhasil) pada kesempatan acara adat saurmatua, Hulahula Raja Manik wajar menagih/meminta sebagian harta yang ditinggal Almh dan sikap tersebut merupakan adat juga, istilah adat disebut MAMBUKA HOMBUNG, jika Ina yang meninggal, dan MANJALO NAPINUKKA, jika Ama yang meninggal. Lazimnya Suhut, marga Manihuruk secara khusus harus mengundang Hulahula ke rumah setelah selesai acara pemakaman, panakkokhon Hulahula. Tapi semua karena sikon dan sudah sepakat maka acara mambuka hombung dilaksanakan pada acara setelah selesai Hulahula Raja Manik pasahathon ulos holong. Dokumentasi Video Klik di sini

Suhut Mangampu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.