BORU MULI

Selasa, 26 Juli 2022 telah dilaksanakan pemberkatan nikah kudus antara Dwi Hardo Nainggolan dengan Efriani br. Manihuruk di Gereja HKBP Lumban Suhusuhi Toruan Kabupaten Samosir pada pukul 10.00 WIB. Sebelum acara pemberkatan sebagaimana lazimnya par anak marga Nainggolan mendatangi Keluarga par Boru marga Simanihuruk dalam hal ini ke rumah Amang Judin Simanihuruk/br. Simanjorang (Ap. Hotlen), selaku Suhut. Adapun kegiatan yang dilakukan di sana adalah acara marsibuhabuhai (baca; mengawali kegiatan adat selanjutnya buha=memulai/membuka). Pihak par Anak tentunya membawa tudutudu/pagori ni sipanganon dan sebagai balasan dari par Boru akan menyerahkan ikan mas/dekke simudurudur. Lalu setelah acara sibuhabuhai kedua Keluarga par Anak dan par Boru bersama-sama ke Gereja, menghadiri ibadah perbekatan nikah kudus.

Setelah pemberkatan selesai dilaksanakan, acara berikutnya adalah prosesi adat pernikahan Batak Toba yang dilaksanakan di rumah SUHUT par Boru, di Harapohan Lumban Suhusuhi Dolok. Kegiatan adat di sini dilaksanakan sesuai konsep kedua pihak Suhut par Anak dan par Boru yang telah disepakati pada hari-hari sebelumnya. Dimulai pasahat sinamot, suhi ni ampang na opat dan todoan kepada Keluarga par Boru, juga kepada Hulahula dan Tulang ni par Boru dan terakhir sebelum mangulosi, par Boru akan menyampaikan jambar kepada tulang ni pengantin lakilaki yang disebut titi marangkup. Lalu dilanjutkan mangulosi antara lain kepada Orangtua pengantin lakilaki, disebut Ulos Passamot, (yang mencari/menyiapkan Sinamot; Somba ni Uhum somba ni adat) dan kepada Pengantin, Ulos Hela secara bersamaan. Demikian seterusnya mangulosi dilanjutkan sesuai kesempatan kedua pihak Suhut dan Ulos Holong dari Hulahula, Tulang kedua Suhut.

Dengan ini atas nama Admin kami menyampaikan selamat menempuh hidup baru : Dwi Hardo Nainggolan dengan Efriani br. Manihuruk, semoga menjadi keluarga bahagia dan tetap harmonis sampai saurmatua. Amin

Dokumentasi prosesi pasahat Ulos Hela;

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *