Ikat Janji Pernikahan-Martumpol

Kegiatan adat di lingkungan Keluarga PRSBB Jabodetabek hari ini Sabtu, 16 November 2019 ada 2 yaitu; Ikat Janji – Martumpol dan Adat Sulang-sulang Pahompu; Acara Ikat janji antara Kapten Laut (P)Alfred Edward Manihuruk dengan Lucky Astria br. Sidebang, S. Pd yang dilaksanakan di GKPI Bekasi. Selesai acara martumpol dilanjutkan dengan Martonggoraja di Aula Gereja GKPI Bekasi. Dan rencana pesta unjuk, resepsi dan adat Batak Toba setelah pemberkatan nikah kudus pada hari Sabtu, 21 Desember 2019 di GKPI Bekasi, dan akan dilanjutkan di Gedung Graha Girsang Bekasi. Bolahan amak Taruhon Jual, artinya suhut par Anak sebagai tuan rumah, biasa disebut dalam bahasa adat, Taruhon Jual/Sanggul. Suhut par-Anak ; Z. Manihuruk/L. br. Sidebang (Op. Steven) – Bekasi dan Suhut par-Boru : St. H. Sidebang/br. Panjaitan (Op. Elkana) – Agam Sumatera Barat.

Selesai martumpol langsung berlanjut martonggoraja untuk pembagian tugas dan sekaligus pada hari itu juga dibagikan undangan dan pasahat TUMPAK di jabu tu Bona Hasuhuton. Dalam hal ini Amanta Ap.IrmayaManihuruk raphon Inanta boru Sinabutar selaku WakilKetua dan Pengurus Wilayah Bekasi PRSBB JABODETABEK menyerahkanTUMPAK kepada Bonahasuhuton.

Dan pada hari yang sama berlangsung juga adat Sulang-sulang Pahompu Keluarga Agung Saut Siodap Sagala/Rodearni Muslimah br. Manihuruk (Am. Risky) di Aula HKBP Kapuk Jakarta Barat. Sebelum adat sulang-sulang pahompu terlebih dahulu dilaksanakan ulaon adat MANGAIN, karena Am. Risky Sagala, Bere ni Manihuruk mangalap boru sileban (bukan orang Batak). Agar adat sulang-sulang pahompu dapat dilaksanakan berdasarkan adat Batak, maka Nai Risky. boru sileban, harus diangkat menjadi boru Manihuruk sesuai marga Ibu dari Am. Risky Sagala. Suhut par Anak, Kel. Borta Manihuruk/br. Purba (Am. Bona)- Cikarang Kabupaten Bekasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *