SUKA DAN DUKA

Peristiwa suka dan dula dalam kehidupan kita, sepertinya tidak dapat ditunda dan pasti kita semua mengalami, bedanya barangkali hanya kuantitas dan kualitas peristiwa yang terjadi. Seperti pada tanggal 12 Agustus 2022 telah terjadi secara bersamaan peristiwa suka dan Duka di Keluarga Manihuruk.

Sesuai jadwal kalender Adat Keluarga Manihuruk bahwa telah berlangsung pemberkatan nikah Kudus kepada Herlan Habeahan dengan Vina br. Sinaga di Gereja Katolik St. Michael Jln. Waringin No. 51 Ciroyom Kota Bandung pukul: 09.00 WIB. Setelah pemberkatan acara dilanjutkan ke Gedung Grha Emerald Jln. Cimuncang No. 30-32 Padasuka Kota Bandung.

Sesuai rumang ni Ulaon Adat, Taruhon Jual, suhut par Anak marga Habeahan menjadi tuan rumah. Artinya acara adat dimulai dengan manomunomu Keluarga par Boru marga Sinaga, lalu dilanjutkan menerima Hulahula dan Tulang kedua belah pihak Suhut, tentunya Hulahula dan Tulang ni par Anak marga Habeahan yang lebih dahulu disambut masuk ke Gedung kemudian Suhut par Boru menyambut Hulahula dan Tulang mereka. Dan posisi marga Manihuruk adalah sebagai Hulahula ni par Anak, sijalo Titi Marangkup. Acara demi acara berlangsung lancar hingga kegiatan adat diakhiri setelah Hulahula, Tulang ni Pengantin, marga Manihuruk mengantar kedua mempelai kembali ke pelaminan. Acara selesai pukul 18.00 WIB. Selamat Menempuh Hidup Baru, semoga Keluarga bahagia dan harmonis sampai Saurmatua. Amin

Kemudian peristiwa DUKA terjadi di wilayah Bogor Jawa Barat di mana Amang Benyamin Manihuruk, Op. Gamaliel Doli yang meninggal pada tanggal 10 Agustus 2022 di RS Marzoeki Bogor. Setelah Keluarga bersepakat pelaksanaan Adat partuatna, Adat parpudi ni Almarhum dilaksanakan pada tanggal 12 Agustus 2022 yang tentunya kegiatan adat diawali dengan acara Martonggo Raja di rumah duka Sinar Kasih Bondongan Bogor Selatan Kota Bogor. Setelah acara Martonggo Raja, dilanjutkan dengan mambuat Tua ni Gondang, setelah sepakat hasil Martonggo Raja dengan Tulang dan Hulahula ni Suhut (Manihuruk) bahwa adat terakhir terhadap kepergian dari Op. Gamaliel Doli adalah Ulaon Adat SAURMATUA.

Jum’at, 12 Agustus 2022

Setelah sehari sebelumnya telah dilaksanakan ulaon adat Martonggo Raja, maka dilanjutkan dengan acara ulaon adat Saurmatua Op. Gamaliel Manihuruk di Rumah Duka Sinar Kasih Bondongan Bogor Selatan Kota Bogor, dimulai pukul 09.30 dimana Tulang Raja Sihaloho pasahat Ulos Saput dan dilanjutkan dengan Hulahula, Raja Simanjuntak, pasahat Ulos Sampe Tua kepada Inang namanghabaluhon Alm. Op. Gamaliel Doli. Kedua jenis Ulos yang disampaikan oleh Tulang dan Hulahula menjadi inti adat Saurmatua ni Amang Op. Gamaliel Doli. Setelah kedua kegiatan ini dilanjutkan menerima Tulang dan Hulahula sesuai daftar Joujou Horong ni Hulahula dan Tulang. Setelah acara di atas dilaksanakan, kegiatan selanjutnya adalah acara umum yang biasa disebut dalam bahasa adat ulaon adat Maralaman, yang diiringi dengan manghuling Ogung Sabangunan (baca: Margondang).

Paidua ni Suhut manjahahon jujur ngolu Op. Gamaliel Doli

Setelah acara demi acara dilaksanakan Alm. Op. Gamaliel Doli, diantarkan ke tempat peristirahatannya yang terakhir di TPU CIFOR BOGOR. Sonang ma ho Amang Op. Gamaliel Doli mandapothon Tuhan i.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.